Trik Ampuh Untuk Memancing Di Laut Lepas

Hasil gambar untuk fishing on the high seas

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yakni piranti pancing anda. Sebaiknya anda menyiapkan piranti pancing yang cocok untuk ikan laut dalam seperti joran berkekuatan medium hingga besar. Juga kail pilih yang berukuran sedang hingga besar. Kemudian penggunaan ril pastikan anda memiliki ril yang berkekuatan 90 lb lebih karena untuk mengantisipasi mendapatkan ikan yang lebih besar.

Jikan anda memancing dilaut lepas anda bisa menggunakan beberapa teknik yang populer yakni teknik jigging dan teknik popping. Jigging adalah teknik memancing ikan dasaran yang mana menggunakan umpan metal jig dengan cara menenggelamkan umpan hingga kedasar laut kemudian menariknya kembali sambil di hentakan untuk menarik perhatian ikan predator. Kemudian teknik popping yang menggunakan umpan minnow atau umpan ikan tiruan dari kayu yang di lempar sejauh mungkin. Teknik popping ini membuat umpan masih mengapung di permukaan air dan menarik perhatian ikan di permukaan.

Sarana/Perlengkapan Memancing
Beberapa sarana harus dilengkapi sebelum memancing di laut. Sarana yang diperlukan tergantung pada lokasi memancing. Di perairan dekat pantai misalnya, tentu tidak dibutuhkan kapal. Disini hanya perlu pancing dan perlengkapannya. Lain lagi dengan memancing di perairan yang jauh dengan pantai, sarana kapal mutlak diperlukan. Tanpa adanya kapal mustahil kita dapat memancing di laut lepas yang mempunyai kedalaman puluhan bahkan ratusan meter.

- Kapal
Kapal yang khusus disewakan untuk rekreasi atau memancing umumnya berukuran kecil,antara 10-20 groos tone (GT),dan terbuat dari bahan fiberglas. Kapal seperti ini di lengkapi peralatan navigasi seperti peta,kompas,alat pengukur kecepatan angin,dan sebagainya. Bahkan, ada yang mempunyai alat navigasi canggih seperti alat pengukur kedalaman yang otomatis (echosounder)dan alat penentuan posisi laut yang dikenal dengan sebutan GPS (Global positioning system).
GPS dapat digunakan untuk menentukan posisi kapal dilaut (beberapa derajat bujur dan lintang). Dengan alat ini, kemungkinan kapal tersesat di laut menjadi kecil. Di samping itu, pemancing juga dapat menandai lokasi dimana pernah tertangkap jenis ikan tertentu pada suatu perairan.

Apabila kita memancing di daerah yang bukan tempat rekreasi, kita dapat menyewa perahu atau kapal nelayan setempat. Ongkos sewa perahu nelayan tentunya lebih murah, juga tergantung pada besar kecilnya kapal. Sebagai contoh, di daerah Riau, ongkos sewa kapal motor antara Rp 50.000,- s/d Rp 200.000,- per hari. Ongkos ini tidak termasuk bahan bakar dan upah nelayan yang bertindak sebagai pemandu.

- Mata pancing/Kail
Semua jenis pancing dapat digunakan untuk memancing di laut. Untuk memancing di dekat pantai, dapat di gunakan pancing tegeg, golong, spining, maupun bait casting. Untuk memancing di laut dalam bisa di gunakan golong, spining, atau bait casting.

 - Umpan
Umpan berfungsi untuk memikat ikan agar terkait pada mata pancing. Terkaitnya ikan terhadap umpan disebabkan oleh rangsanganberupa bau, rasa, bentuk, gerakan dan warna. Umpan yang digunakan untuk memancingikan di laut berbeda dengan umpan yang digunakan untuk memancing ikan di air tawar.
Umpan yang sering digunakan untuk memancing ikan di laut ada beberapa macam, yaitu umpan palsu atau tiruan dan umpan sungguhan(baik yang hidup maupun yang mati).Umpan yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan lokasi tempat memancing dan jenis ikan yang akan menjadi target memancing.

-  Sabuk tempat joran
Sabuk ini bisa terbuat dari plastik atau sejenis parasut. Pada bagian tengahnya dilengkapi lubang sebagai tempat untuk meletakkan pangkal joran (rod holder). Pemancing memakai alat ini pada saat menghajar ikan. Saat menarik ikan, pangkal joran dimasukkan kedalam lubang sabu, baru gulungan yang ada di joran diputar perlahan-lahan sehingga tali pancing akan menggulung dan ikan akan mendekat ada lambung kapal. Sabuk seperti ini diperlukan untuk memancing di laut lepas, terutama untuk pancing tonda yang menggunakan joran.

- Ganco dan serok
Ganco diperlukan untuk memudahkan mengangkat ikan besar seperti marlin, tuna, atau layaran yang dipancing dari laut lepas. Jenis ikan ini sulit dinaikkan ke atas kapal dengan menggunakan tangan karena disamping berat, tenaga yang dimiliki juga kuat sehingga membahayakan pemancing.
Ganco berbentuk seperti alat pengait yang ujungnya dibuat tajam dan berbentuk melengkung. Tangkai ganco bisa dibuat dari kayu sepanjang maksimum 2,43 m. Demi keamanan, tangkai ganco bisa diikat dengan tali pengaman. Tali ini berfungsi sebagai pengaman. Apabila ikan tangkapan lepas bersama ganconya, tali pengaman masih berada di kapal sehingga mudah ditarik kembali. Panjang tali ini menurut aturan game fishing tidak melebihi 9,14 m.

Serok umumnya digunakan untuk mengangkat ikan kecil yang dipancing di perairan pantai yang dangkal. Serok dibuat dari jaring bermata kecil 2-2,5 cm dan dibentuk seperti kantong. Mulut serok diberi kerangka besi berbentuk bundar. Untuk memudahkan penggunaany, serok dilengkapi dengan tangkai kayu sepanjang 1-1,5 m.

Demikian Trik Ampuh Untuk Memancing Di Laut Lepas,semoga bermanfaat buat anda para pecinta mancing.Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Komentar